Cari Blog Ini

Rabu, 07 Maret 2012

'Secangkir Kopi' di pagi hari

Sumber: Email


Suatu hari beberapa alumni Universitas Berkeley yang sudah bekerja & mapan dalam karir, mendatangi profesor kampus mereka yang sudah lanjut usia. Mereka membicarakan banyak hal menyangkut pekerjaan maupun kehidupan mereka. Sang profesor lalu ke dapur & kembali dengan membawa seteko kopi panas. Disebuah nampan ia membawa bermacam-macam cangkir. 

Ada yang terbuat dari kaca kristal, melamin, beling & plastik. Beberapa cangkir nampak indah & mahal, tetapi ada juga yang bentuknya biasa saja & terbuat dari bahan yang murah. 

"Silahkan masing-masing mengambil cangkir & menuang kopinya sendiri", Sang prof mempersilahkan tamunya. Setelah masing-masing memegang cangkir berisi kopi, profesor itu berkata, "Perhatikan bahwa kalian semua memilih cangkir-cangkir yang bagus & yang tertinggal kini hanya cangkir murah & tidak begitu menarik. 

Memilih yang terbaik adalah hal yang normal. Tetapi justru disitulah persoalannya. Ketika kalian tidak mendapatkan cangkir yang bagus, perasaan kalian menjadi terganggu. Kalian mulai melihat cangkir-cangkir yang dipegang orang lain & membandingkannya dengan cangkir yang kalian pegang. Pikiran kalian terfokus kepada cangkir, padahal yang kalian nikmati bukanlah cangkirnya, melainkan kopinya. 

"Kopi itu adalah kehidupan kita, sedangkan cangkirnya adalah pekerjaan, jabatan, uang & posisi yang kita miliki. Jangan pernah membiarkan wadah dari kopi mempengaruhi kopi yang kita nikmati. Orang boleh saja menaruh kopi kedalam gelas kristal yang sangat mahal & indah, belum tentu mereka dapat merasakan nikmat dari kopi tsb. Artinya, ada sebagian orang yang menurut penglihatan jasmaniah kita mereka begitu beruntung & berbahagia, tapi belum tentu dapat menikmati indahnya karunia kehidupan yang diberi oleh Tuhan. 

Mari kita belajar menghargai & mensyukuri hidup ini bagaimanapun cara Tuhan "mengemas"nya untuk kita, yang penting sikapi anugrah kehidupan dengan baik serta mengisinya dengan hal2 yang benar & positif. 

Be good, be positive, and BELIEVE something good will happen to you today.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar